Sunday 26 April 2015

tips memilih peralatan lukis

Tips memilih peralatan lukis.


Melukis memang kegiatan yang mengasyikan, saat kita melukis kita bisa sampai lupa waktu. Apalagi obyek yang sedang kita lukis adalah obyek yang kita senangi.
Tentunya jika kita melukis didukung dengan peralatan dan bahan yang bagus akan menghasilkan lukisan yang maksimal. Semua seniman mempunyai standarnya masing-masing dalam memilih alat dan bahan untuk melukis. Berikut adalah ulasan tips memilih alat dan bahan lukis versi saya sendiri.

1. Kuas
     Pilihlah kuas dengan bulu yang lembut, jangan terlalu kaku dan juga jangan terlalu lembek dan yang pasti lurus. Perhatikan tekstur bulu, usahakan memilih kuas yang panjang bulunya sama rata dan tidak bercabang. Untuk mengecek kelurusan bulu kuas dapat dengan cara tangan kanan memegang ujung bulu dan tangan kiri memegang pangkal bulu talu putar perlahan, jika bulu kembali lurus maka itu tandanya kuas yang bagus. Kuas yang bagus biasanya jika dicelupkan ke cat ujungnya akan mengumpul dan bila telah digoreskan ke kanvas lalu di angkat akan tetap mengumpul.

2. Palet
     Pada dasarnya palet semua hampir sama. Namun pilihlah palet yang tidak terlalu dalam lubangnya agar mudah untuk pencampuran warna dengan warna lain, jangan terlalu datar pula. Pilihlah palet yang licin agar cat minyak tidak meresap, kalaupun palet itu terbuat dari kayu, pilihlah yang sudah dilapisi bahan pelicin.

3. Kanvas
     Pilihlah kanvas yang pori-porinya tidak terlalu besar dan sedikit, caranya lihat pada permukaan bagian belakang kanvas, dan pilihlah kanvas yang tertutup sempurna oleh lapisan cat putih pada kanvas tersebut dan lapisan cat tersebut tidak mudah retak.
   
4. Kertas
     Kertas gambar/lukis biasanya lebih tebal dari kertas biasa, pilihlah kertas yang memiliki serat-serat yang sedikit kasar agar cat atau pastel mudah meresap. Atau menggunakan kertas scetch book juga bisa.

5. Cat
     Definisi cat yang bagus adalah cat yang memiliki warna cemerlang, kuat, tidak mudah mengering walau disimpan dalam waktu yang lama dengan catatan dalam kondisi tertutup. Cat yang mahal biasanya itu adalah cat yang bagus. Namun tak harus mahal, jika anda memiliki merk kepercayaan anda juga silahkan untuk tetap memakainya.

2 comments: