Wednesday 8 April 2015

tutorial melukis wajah dengan pensil :pengenalan tentang pensil

    Sebelum mulai menggambar/melukis dengan pensil, kita harus mengenal apa itu pensil dan fungsi tiap grade dari pensil itu sendiri.

    Pensil menurut saya adalah alat untuk membuat goresan yang paling mudah digunakan untuk menggambar karena karakternya yang mudah dihapus.

    Pensil sendiri terdiri dari beberapa grade. Ada grade F, H, HB, dan B. Tiap grade di bagi lagi menjadi grade-grade yang di awali dengan angka.

    Namun disini saya akan mengenalkan beberapa pensil yang sering saya gunakan yaitu pensil HB, B, 2B, 3B, 5B, 6B.
Berikut adalah penjelasan tentang pensil yang sering saya gunakan sesuai fungsi dan karakternya.

1. Pensil grade HB
     Pensil ini mempunyai kekerasan dan ketebalan yang sedang, goresan yang tak terlalu lembut dan agak mudah di hapus walaupun meninggalkan sedikit bekas di kertas. Pensil ini biasanya di gunakan untuk membuat pola dasar atau biasa disebut outline.

2. Pensil grade B
     Pensil ini mempunyai karakter yang lebih lunak dari pensil HB, goresan yang tipis dan lembut serta mudah di hapus tanpa meninggalkan bekas di kertas. Pensil ini biasa di gunakan untuk membuat pola dasar. Namun saya juga sering menggunakannya untuk mengarsir bagian terang pada gambar seperti bagian putih pada bola mata, pipi, dan gigi.

3. Pensil grade 2B
     Pensil ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Yapp, ini adalah pensil yang sering digunakan untuk ujian nasional dan yang paling mudah ditemukan.
Karakter pensil ini yaitu lembut dan tebal, mudah di hapus dan tidak meninggalkan bekas di kertas. Saya biasa menggunakan pensil ini untuk mengarsir dasar/awalan pada bagian-bagian gelap seperti pada kantung mata, lipatan pipi, lipatan hidung, bibir, kelopak mata atas, dahi, pipi bagian samping sampai dagu, dan untuk membuat bayangan.

4. Pensil grade 3B
     Pensil ini karakternya hampir sama dengan pensil 2B, goresannya bertekstur lembut namun lebih tebal. Mudah di hapus dan tidak meninggalkan bekas. Saya sering menggunakan untuk membuat arsiran terusan yang lebih gelap dari arsiran dasar yang di buat dari pensil 2B sebelum menuju ke arsiran inti. Juga untuk mengarsir iris mata dan arsiran dasar untuk helai rambut.

5. Pensil grade 5B
     Kalian pasti bertanya-tanya kenapa langsung ke pensil 5B, bukan 4B terlebih dahulu. Yapp, saya mengambil pensil 5B karena tingkat ketebalan yang jauh dari pensil 3B.
Karakter pensil 5B yang tebal dan sangat lembut ini cocok untuk mempertegas(membuat arsiran inti) lekukan atau lipatan-lipatan seperti pada lipatan pipi, bagian samping-samping hidung, lekukan sisi pipi sampai dagu(bagian paling luar), mempertegas garis mulut, membuat bayangan rambut di dahi, tepi-tepi pupil mata, tepi-tepi kelopak mata, dan garis kantung mata.

6. Pensil grade 6B
     Pensil ini adalah pensil yang paling gelap yang saya pakai walaupun masih ada pensil yang lebih gelap lagi seperti 7B dan 8B.
Saya lebih suka menggunakan pensil 6B untuk bagian paling gelap pada gambar karena pensil ini teksturnya masih lembut di kertas dan mudah untuk di hapus. Beda dengan pensil 7B dan 8B yang cenderung merusak kertas( itu menurut pengalaman saya hehe ).
Saya menggunakan pensil ini untuk membuat arsiran pada pupil mata, bagian-bagian gelap pada rambut, lubang hidung, dan bayangan di leher.

    Demikianlah penjelasan tentang pensil yang sering saya gunakan untuk menggambar/melukis. Semoga bermanfaat :-) dan mohon koreksinya jika ada kesalahan atau tidak kesesuaian.

1 comment: